Gumalag: Hutan Mangrove Adalah Kawasan Penting Untuk Dilindungi

Filed under: Berita Utama,General News,Pemerintahan |

IMG_20190710_195124Swaramanadonews.com, Manado- Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE KK) yang bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara menginisiasi Penanaman Mangrove di Kelurahan Meras, Kecamatan Bunaken, Provinsi Sulawesi Utara yang merupakan Gerakan Nasional Peduli Mangrove dengan tema “Mangrove Lestari, Lingkungan Asri, Masyarakat Sejahtera” yang dihadiri ini dihadiri langsung oleh Ketua dan Anggota OASE Kabinet Kerja, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, yang melakukan penanaman sebanyak 5.000 pohon mangrove.

Menteri Siti Nurbaya pada kesempatan ini menyatakan bahwa Luas Mangrove di Indonesia saat ini 3,5 juta hektar, ekosistem mangrove dengan kondisi baik dan sedang seluas 1,8 juta hektar (51%), sedangkan yang mengalami kerusakan mencapai 1,7 hektar (49 %).

“Tanaman Mangrove secara Nasional Tahun 2017 mempunyai luas mangrove 11.434 Hektar yang tersebar di 12 Kabupaten dan 2 Kota Untuk menghindari sebaran kerusakan mangrove ini, maka sangatlah diperlukan pelestarian kawasan mangrove berupa penanaman mangrove” Terang menteri siti Nurbaya.

Dia juga menambahkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sangat
menaruh perhatian akan kelestarian ekosistem mangrove ini dikarenakan banyaknya fungsi dan manfaat dari kawasan mangrove diantaranya kawasan mangrove dapat menstabilkan kondisi lingkungan dan menyelamatkan semua bahitat di hutan.

“Mangrove, dapat mencegah erosi pantai, menjadi katalis tanah dari air laut,
mencegah pemanasan gobal, penahan gelombang termasuk tsunami, penyerap
polutan, tempat berkembang biak aneka biota laut dan pengembangan kawasan Pariwisata” Ujar Menteri Siti.

Gubernur Dondokambey, dalam pelaksanaan kegiatan ini menyampaikan bahwa penanaman mangrove sangat relevan dilaksanakan sebagai persiapan Destinasi Baru Pariwisata Mangrove di
Sulawesi Utara.

“Kedepan kita berharap keindahan, kekhasan serta keanekaragaman hayati kawasan hutan mangrove mampu menarik minat wisatawan, oleh sebab itu menjadi tugas kita semua menjaga anugerah pencipta alam semesta ini untuk generasi kini dan generasi yang akan datang, dan sudah sepatutnya kita melakukan pengelolaan lingkungan hidup dengan bijaksana” Ujar Gubernur Dondokambey.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Daerah Provinsi Sulawesi Utara Ir. Marly Gumalag kepada Swaramanadonews.com, yang ditemui di ruang kerjanya, Rabu (10/07/2019) menuturkan Hutan mangrove merupakan salah satu kawasan yang sangat penting dan harus di lindungi.

“Salah satu upaya pelestarian hutan mangrove yang bisa dilakukan adalah dengan melaksanakan upaya penanaman ulang dan hal ini memang telah kami lakukan, karena sudah merupakan program prioritas yang telah kami gaungkan di Dinas kami” Tutur Gumalag.

(ELVIS)

Shortlink:

Posted by on 10/07/2019. Filed under Berita Utama, General News, Pemerintahan. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

You must be logged in to post a comment Login