Warga Sorot Pekerjaan Embung Di Desa Koka Di Duga Asal Jadi Dan Tidak Selesai

Filed under: Berita Heboh,Berita Utama,Pemerintahan |

IMG-20190718-WA0000Minahasa:Sungguh miris embung yang terletak di Desa Koka Kecamatan Tombulu, Pasalnya, proyek yang dikerjakan oleh salah satu Kontraktor pada tahun 2018 lalu, dengan anggaran hampir memakan anggaran Rp 1,4 M yang bersumber dari dana APBD ini dinilai mubazir.

Informasi yang berhasil dirangkum, pasca usai dibangunnya proyek embung tersebut pada akhir tahun 2018 ini, hingga kini tidak bisa digunakan. Parahnya, pada bagian pondasi bagian bawah dinilai tidak kokoh dan padat. Sebab, sudah sering kali embung tersebut terisi dengan air, namun air yang mengalir masuk ke embung, kembali keluar dicelah celah pondasi bagian bawah. Diduga, pekerjaan embung tersebut tidak sesuai dengan standar spesifikasi pekerjaan (Spek). “Kami menilai, pondasi bagian bawah embung tak padat.

Material batu yang digunakan pada bagian bawah tak rapat, sebab tanah tempat berdirinya pondasi penuh dengan lumpur. Hal ini mengakibatkan air yang mengalir masuk ke embung tersebut dengan mudah masuk keluar melalui celah pondasi di bagian bawah. Kami menilai pekerjaan ini tak sesuai Spek,” ungkap warga sekitar embung.

Menurutnya, seharusnya embung sudah selesai dibangun akhir 2018 lalu Sehingga dapat digunakan oleh masyarakat. Namun, hinnga saat ini malah tidak bisa dimanfaatkan. “ Jika diisi air, embung tersebut tidak pernah akan penuh.itu di akibatkan masi ada kebocoran bahkan sudah ada yang mulai retak Bagaimana kami memanfaatkannya,”ujarnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Perternakan Pemkab Minahasa Ir Suban Torar saat dikonfimasi, (17/07) nomor handphone nya dalam keadaan tidak aktif. Sementara itu, Kabid Sarana dan Prasrana Hengky Wulur Sp Melalui Kasie Meiva Pangkey saat dikonfirmasi mengenai keberadaan embung di Desa Koka Kecamatan Tombulu mengatakan, membenarkan pekerjaan memang Belum selesai karena sampai saat ini Kami belum adakan serah terima akan pekerjaan tersebut.

Kami telah memanggil Pihak ketiga Dalam hal ini sebagai pelaksana untuk merampungkan pekerjaan Tersebut sampai batas bulan juli ini.
Iya Juga menambahkan Kontrakator sudah beberapa kali kami Panggil untuk menyelesaikan proyek tersebut Namun hingga saat ini Belum juga.meskipun  mereka telah membayar denda yang telah di tentukan sebanyak 39 Juta.Kami Akan berupaya trus untuk menyelasaikan Pekerjaan ini Tutupnya .(Jim)

Shortlink:

Posted by on 18/07/2019. Filed under Berita Heboh, Berita Utama, Pemerintahan. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

You must be logged in to post a comment Login