Bapenda Sulut Terkesan Miskin Inovasi Menarik Minat WP Membayar Kewajibannya

Filed under: Berita Utama,General News,Pemerintahan |

IMG_20190720_111152Sulutsatunews.com, Manado- Upaya Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sulawesi Utara yang dipimpin Olvie Atteng untuk meningkatkan penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) mendapatkan kritikan tajam dari masyarakat Sulawesi Utara. Pasalnya kendaraan menunggak pajak ditempel kertas peringatan bagi para Wajib Pajak (WP) untuk membayar tunggakan pajak kendaraannya dinilai terkesan mempermalukan WP dan lebih parahnya lagi kertas peringatan ini, tak hanya di tempel untuk kendaraan milik pribadi tapi tidak sedikit pula kendaraan dinas milik pemerintah.

Taufik Tumbelaka salah satu pemerhati dan pengamat pemerintahan di Sulawesi Utara dalam suatu kesempatan dengan Swaramanadonews.com di Kantor Gubernur Sulut Jumat (19/07/2019) menuturkan bahwa tindakan seperti ini dilihat cukup baik agar dapat mengarahkan para WP untuk menyelesaikan kewajiban tunggakan pajaknya.

“Memang baik tetapi alangkah lebih eloknya lagi kalau kertas peringatan bagi para WP tidak ditempel menghadap keluar tetapi sebaliknya ditempel menghadap kedalam”Ujar Tumbelaka.

Tipe sosial kemasyarakatan dinilai tidak pas tidak kreatif tidak bijak, kalau bersifat mengingatkan harusnya tulisannya menghadap ke dalam kaca (dilihat oleh pengemudi) bukan diperlihatkan keluar. Ini seperti ada unsur mempermalukan,

“Sekarang dipertanyakan, kalau itu merupakan phunismen (ditempel kertas dikaca) bagi penunggak pajak dan sebaliknya jika orang bayar pajak tepat waktu atau sebelum jatuh tempo dari pembayaran pajak ini, apa reward yang akan diberikan bagi masyarakat” Tanya Tumbelaka.

(ELVIS)

Shortlink:

Posted by on 20/07/2019. Filed under Berita Utama, General News, Pemerintahan. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

You must be logged in to post a comment Login