Kindangen: Guru Sertifikasi 2013 Harus Lulus UKG

Filed under: Berita Utama,Manado,Pendidikan |

Suasana UKG Online di Manado

Diknas Siapkan 711 Calon Guru Profesional

MANADO—Kepala Dinas Pendidikan Kota Manado, Dante Tombeg SPd MPd melalui, Kepala Bidang Tenaga Kependidikan Dra Julien Kindangen MSi kepada wartawan mengatakan, untuk rekrutan calon guru sertifikasi tahun 2013, harus lulus Uji Kompetensi Guru (UKG). “Jadi bagi calon guru profesional nantinya pada tahun 2013 harus lulus UKG. Persyaratan ini memang sudah semakin ketat dan ini kebijakan dari pemerintah pusat,” kata Kindangen kepada wartawan pekan lalu.

Kindangen juga menyebutkan, ada sekira 711 calon guru professional untuk tahun 2013, namun kami masih menunggu kuata Pendidikan Latihan Profesi Guru (PLPG), yang akan ditetapkan oleh Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Sulut. “Kami memang masih menunggu kuota yang ditetapkan oleh LPMP,” paparnya.

Sementara untuk persyaratan pada waktu lalu, bagi guru yang sudah bergelar minimal Magister, sudah tidak lagi mengikuti proses PLPG. Namun tahun depan semua harus ikut PLPG maupun UKG.

Sementara untuk proses verifikasi guru professional tetap akan ditangani oleh Dinas Diknas di Kabupaten/Kota. Sebab data untuk guru yang benar-benar masih mengajar, ada di Diknas Kabupaten/Kota, jadi kalau guru professional ini tidak mengajar sesuai ketentuan, maka tunjangan sertifikasinya akan sendirinya dipending.

Diakuinya, memang untuk Kota Manado, penyaluran tunjangan sudah sampai triwulan ke tiga, namun pada triwulan ketiga hanya dibayarkan dua bulan yakni bulan Juli dan Agustus. Sehingga kemungkinan untuk tahun 2012 ini, tunjangan bagi guru profesional akan menunggak satu bulan. “Ini kemungkinan nanti kekurangan tunjangan sertifikasi guru tahun 2012, akan dibayarkan dalam carry over tahun 2013,” tandas Kindangen. (vie)

You must be logged in to post a comment Login