Worang Cs Melakukan FPT Bagi Para CakDes di Pusomaen

Filed under: Berita Utama,Mitra |

IMG20190910150633

  Tim Uji Kemampuan Calon Kepala Desa (Cakdes) Didampingi Camat Pusomaen, Jemmy Walukow Memberi Arahan Bagi Para Cakdes, Sebelum Dilakukan Tests. (foto nom)

PUSOMAEN – Tahapan calon kepala desa di Minahasa Tenggara, terus berlanjut. Untuk mendapatkan pemimpin desa yang layak. Maka Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara, mengasah kemampuan para calon hukum tua dengan melakukan Fit and Proper Test (FPT) dengan melibatkan tim birokrasi maupun akademisi.

Dikecamatan Pusomaen sendiri, sekira 30-an calon kepala desa/hukum tua mengikuti tahapan FPT yang digelar di kantor Camat Pusomaen, Selasa (10/9/2019). Sedangkan tim FTP,  yakni Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian, Ferro Worang SE, Kepala Dinas Perindakop Gotlieb Mamahit, Perwakilan Dinas PMD serta dua Akademisi.

Worang disela-sela FPT tersebut mengaku mendapat bagian diwilayah tersebut untuk menguji kompetensi serta kemampuan dari para calon pemimpin desa nanti.

“Fit and Proper Test ini berlaku bagi semua kecamatan di Minahasa Tenggara yang akan memilih calon kepala desa nanti. Kemudian, hasil dari FPT kami teruskan ke panitia untuk mengkaji mana calon yang tepat dan layak untuk memimpin desa,” ujar Worang.

Senada disebutkan Mamahit, dia menilai hal ini merupakan langkah yang sangat baik ketika para calon kepala desa dilakukan test kemampuan sebelum dipilih masyarakat.

“Menjadi seorang pemimpin bagi masyarakat yang pastinya terdiri dari berbagai macam latar belakang serta beda cara pandang, itu tidaklah mudah. Makanya, harus benar-benar memilih calon pemimpin yang tak hanya cerdas. Tapi juga mampu mempersatukan masyarakat. Sehingga desa menjadi maju dan sejahtera,” kata Mamahit, sembari berujar seorang pemimpin juga harus mampu bersinergi dan menyesuaikan dengan setiap program Pemerintah Kabupaten.

Sementara Camat Pusomaen, Jemmy Walukow mengapresiasi langkah Pemkab Mitra, dalam hal ini Bupati James Sumendap SH, yang mengambil langkah melakukan uji kemampuan bagi para calon hukum tua yang melibatkan unsur dari akademisi.

“Luar biasa langkah yang dilakukan Pemkab Mitra dalam menjaring para calon pemimpin desa. Dengan adanya test uji kemampuan tersebut, murni mendapatkan calon pemimpin yang tak hanya cerdas, tapi juga mampu mempersatukan masyarakat serta dapat membawa perubahan bagi desa. Dan Pemimpin seperti itulah yang diinginkan masyarakat,” sebut Walukow.

Walukow menambahkan bahwa Kecamatan Pusomaen sendiri, sudah siap melaksanakan pemilihan kepala desa/hukum tua serentak tanggal 24 September 2019, sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.

“Pada intinya selaku pemerintah Kecamatan Pusomaen, kami sudah siap melakukan pemilihan hukum tua,” tutup Walukow meyakinkan.

Diketahui, para calon kepala desa yang dilakukan test kemampuan, dicerca banyak pertanyaan oleh tim. Dimana pertanyaan selain pengetahuan  umum yang dilontarkan, terpenting yang ditanya dan dijawab para calon kepala desa yakni terkait pengetahuan pemerintahan. (noldy)

 

Shortlink:

Posted by on 11/09/2019. Filed under Berita Utama, Mitra. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

You must be logged in to post a comment Login