HPK, Bupati: Pemerintah Daerah targetkan angka stunting berada di bawah 20 Persen

Filed under: Berita Utama,Bolmong Raya |
Bupati Bolmut, Drs.H Depri Pontoh

Bupati Bolmut, Drs.H Depri Pontoh

Swaramanadonews.com:Bolmut-Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh secara resmi membuka kegiatan Sosialisasi Pendidikan Keluarga pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) yang bertempat di RM. Laviesta Desa Kuala Utara Kecamatan Kaidipang Hari ini Selasa (08/10/19).

 

Bupati dalam sambutanya, menyampaikan 1000 HPK merupakan proses dimulainya tumbuh kembang anak dan orang tua berperan penting untuk memberikan perawatan dan pengasuhan yang berkualitas. Bila kebutuhan gizi dan stimulasi anak tidak terpenuhi akan menghambat pertumbuhan dan menyebabkan stunting.Ucap Depri.

 

Ditegaskannya, Pemerintah Daerah menargetkan angka stunting berada di bawah 20 persen. Dimana sebelumnya prevalensi stunting Tahun 2016 berada pada angka 43,8 persen atau yang tertinggi di Sulawesi Utara, Tahun 2017 turun menjadi 36,8 persen dan Tahun 2018 mencapai 22,4 persen.tegas Pontoh saat sambutan.

 

“Hasil positif ini merupakan buah kerja keras Pemerintah Daerah dengan dukungan masyarakat melalui program prioritas peningkatan pelayanan kesehatan dan gizi masyarakat,” katanya.

 

Melalui kegiatan percepatan penurunan stunting, Pemerintah Daerah berupaya meningkatkan kompetensi keluarga dalam jalur pendidikan yang salah satunya pemberian informasi pendidikan mengenai pentingnya 1000 HPK.

 

Pontoh menyampaikan, “Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan keluarga terhadap sadar gizi dengan menerapkan prinsip gizi seimbang dan pemberian stimulan yang tepat baik saat kehamilan sampai anak berusia dua tahun,” harpnya.

 

Turut hadir Ketua TP PKK Kabupaten Bolmut Dra. Hj. Ainun Pontoh Talibo, Kasi Evaluasi Ditektorat Pendidikan Keluarga Kemendikbud RI Edy, S.S, M.Pd, Perangkat Daerah terkait, para Ketua TP PKK Kecamatan dan Desa serta pengelola Lembaga PAUD. (Is)***.

Shortlink:

Posted by on 08/10/2019. Filed under Berita Utama, Bolmong Raya. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

You must be logged in to post a comment Login