Marly Gumalag Wakili Gubernur Dondokambey Lakukan Penanaman Mangrove Bersama TNI AL di Pantai Rap Rap

Filed under: Berita Utama,General News,Pemerintahan |

IMG_20191009_204025Swaramanadonews.com, Manado- Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE, yang diwakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Daerah Provinsi Sulawesi Utara Ir Marly Gumalag MSi mengikuti baru-baru imi telah mengikuti Giat Penanaman Mangrove sebanyak 17.000 bibit khusus di Provinsi Sulawesi Utara yang dilaksanakan di lokasi Pantai Rap Rap Kelurahan Tongkaina Kecamatan Bunaken Kota Manado, Senin 07 Oktober

Kepada Swaramanadonews.com Rabu (09/10/2019) Kadis Gumalag menuturkan sebanyak 4.500 bibit mangrove yang ditanam oleh Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut VIII melibatkan POLDA Sulut, Bakamla, Kejaksaan Tlnggi Sulut, kelompok masyarakat, Pemerintah Provinsi Sulaweesi Utara, Pemen’ntah Kota Manado, Dunia Pendidikan dan Dunia Industri serta masyarakat.

“Penanaman ini dilaksanakan dalam rangka HUT TNI Angkatan Laut ke-74 Tahun, dan dilanjutkan dengan Video Conference dengan Panglima TNI,” Terang Gumalag.

Menurut Gumalag mengingat manfaatnya yang begitu besar, perlu peran serta seluruh elemen bangsa untuk bahu-membahu memberikan kontribusi dalam rehabilitasi dan pelestarian hutan mangrove.

Program ini berorientasi pada perbaikan ‘fungsi ekosistem prioritas, dan juga sejalan dengan upaya yang sedang dilakukan oleh pemerintah dalam mengintegrasikan pembangunan sektoral dengan daya dukung lingkungan di tingkat bentang alam,” ujar Marly Gumalag.

Gumalag juga menambahkan bahwa kegiatan penanaman mangrove ini bertujuan melibaman seluruh stakeholder dalam menjaga pertahanan benteng pesisir Sulawesi Utara yang dikaitkan dengan fungsi mangrove sebagai pelindung pantai dan‘ abrasi, gelombang besar dan bencana tsunami, menjaga kelangsungan hidup biota Iaut, menyerap bahan bahan pencemar, memberikan bahan organik untuk lingkungan laut serta menjadi nilai tambah perekonomian masyarakat pesisir.

Disamping itu sebagai upaya kampanye gerakan pelestarian sumber daya alam Sulawesi Utara pada umumnya.

(ELVIS)

Shortlink:

Posted by on 09/10/2019. Filed under Berita Utama, General News, Pemerintahan. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

You must be logged in to post a comment Login